SILABUS
Sekolah : SMP Negeri 1 Leuwigoong
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Semester : VII /1
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Instrumen | ||||||
1.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat | Seni Budaya · Konsep budaya · Konsep seni · Cabang-cabang · Fungsi seni Seni Rupa Terapan Daerah · Konsep seni rupa terapan daerah · Unsur-unsur seni rupa · Prinsip-prinsip seni rupa. · Beragam jenis, bentuk, teknik pembuatan, fungsi, dan makna karya seni rupa daerah Jawa Tengah Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat · Keunikan gagasan · Teknik pembuatan · Fungsi · Makna simbolis | · Membaca buku teks tentang seni budaya dan seni rupa terapan daerah · Mendiskusikan keragaman jenis, bentuk dan fungsi serta makna karya seni rupa daerah Jawa Tengah · Merangkum materi pembelajaran seni budaya dan seni rupa terapan daerah berdasarkan hasil diskusi kelompok · Mempresentasikan hasil diskusi · Melihat tayangan proses pembuatan dan hasil karya seni rupa terapan daerah · Diskusi kelompok tentang proses pembuatan dan hasil karya seni rupa terapan daerah setempat · Membuat kliping tentang hasil karya seni rupa terapan daerah setempat · Membuat tanggapan secara tertulis tentang keunikan gagsan, teknik pembuatan, fungsi dan makna simboliknya | 1. Mendefinisikan konsep seni 2. Menyebutkan empat cabang seni 3. Menjelaskan fungsi seni 4. Mendefinisikan konsep seni rupa terapan daerah 5. Menyebutkan unsur-unsur seni rupa 6. Menjelaskan prinsip-prinsip seni rupa 7. Menyebutkan tiga jenis karya seni rupa terapan daerah Jawa Tengah 8. Menjelaskan fungsi dan makna karya seni rupa daerah Jawa Tengah 9. Membuat kliping karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah) 10. Membuat tanggapan secara tertulis tentang keunikan gagasan, teknik pembuatan, fungsi, dan makna karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah) | Tes tulis Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja | Tes uraian Uji Produk Uji produk | 1. Definisikan konsep seni! 2. Sebutkan empat cabang seni! 3. Jelaskan fungsi seni! 4. Definisikan konsep seni rupa terapan daerah! 5. Sebutkan tujuh unsur seni rupa! 6. Jelaskan konsep prinsip-prinsip seni! 7. Sebutkan tiga jenis karya seni rupa terapan yang ada di daerah Jawa Tengah! 8. Jelaskan fungsi dan makna dari karya seni rupa yang ada di daerah Jawa Tengah! 1. Buatlah kliping tentang karya seni rupa terapan di daerah (Jawa Tengah)! 2. Buatlah tanggapan secara tertulis tentang keunikan gagasan, teknik pembuatan, fungsi dan makna karya seni rupa terapan di daerah (Jawa Tengah)! | 6 JP 6 JP | Buku Seni Rupa Kls VII Gambar reproduksi Buku Seni Rupa Kls VII Gambar reproduksi |
SILABUS
Sekolah : SMP Negeri 1 Leuwigoong
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Semester : VII /1
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi: 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Instrumen | ||||||
2.1. Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat 2.2. Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat 2.3. Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat. | Gambar Bentuk · Konsep gambar bentuk · Macam-macam bentuk · Media gambar bentuk (bahan, alat, dan teknik) · Prinsip menggambar bentuk · Langkah-langkah menggambar bentuk Kriya keramik · Konsep kriya keramik · Ragam karya keramik · Desain keramik · Bahan dan alat keramik · Teknik-teknik pembuatan keramik: benda pakai dan benda hias · Corak-corak ragam hias daerah setempat sebagai dekorasi keramik | · Membaca dan merangkum buku teks kesenian tentang gambar bentuk · Berlatih teknik gambar bentuk: arsir, dusel, pointilis. · Membuat sketsa gambar bentuk seni rupa terapan daerah setempat · Membuat gambar bentuk benda kubistis dan silindris karya seni rupa terapan daerah setempat · Membaca referensi tentang kriya keramik · Membuat desain karya seni kriya untuk benda pakai dengan teknik dan corak daerah · Membuat desain karya seni kriya untuk benda hias teknik dan corak daerah · Membaca referensi · Membuat benda pakai dengan teknik dan corak daerah · Membuat benda hias dengan teknik dan corak daerah | 11. Membuat gelap terang dengan teknik arsir, dusel, dan pointilis 12. Membuat sketsa gambar bentuk. benda kubistis dan silindris dari karya seni rupa terapan daerah 13. Membuat gambar benda kubistis dan silindris dari karya seni rupa terapan daerah 14. Membuat disain keramik benda pakai dengan teknik dan corak 15. Membuat disain keramik benda hias dengan teknik dan corak daerah 16. Membuat benda pakai dengan memanfaatkan teknik dan corak seni rupa daerah Jawa Tengah 17. Membuat benda hias dengan memanfaatkan teknik dan corak seni rupa daerah Jawa Tengah | Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja | Tes uji petik kerja prosedur dan produk Tes uji petik kerja Tes uji petik kerja | 1.Buatlah gelap terang dengan teknik arsir, dusel, dan pointilis! 2. Buatlah sketsa benda kubistis karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah 3. Buatlah sketsa benda silindris karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah! 4. Gambarlah benda kubistis karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah 5. Gambarlah benda silindris karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah 1. Buatlah desain keramik benda pakai dengan teknik dan corak daerah! 2. Buatlah desain keramik benda hias dengan teknik dan corak daerah 3. Buatlah keramik benda pakai dengan teknik dan corak daerah 4. Buatlah keramik benda hias dengan teknik dan corak daerah | 8 jam 2 jam 6 jam | Buku Seni Rupa Kls VII Gambar reproduksi Buku Seni Rupa Kls VII Gambar reproduksi Buku Seni Rupa Kls VII Gambar reproduksi |
SILABUS
Sekolah : SMP Negeri 1 Leuwigoong
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Semester : VII /1
Tahun Pelajaran : 2009/2010
Standar Kompetensi: 10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Instrumen | ||||||
10.2 Menyiapkan karya seni rupa hasil buatan sendiri untuk pameran kelas atau sekolah 10.3 Menata karya seni rupa hasil buatan sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah | Pameran Seni Rupa · Persiapan pameran · Membuat proposal pameran · Membuat kelengkapan pameran Penataan pameran · Membuat denah ruang pameran · Menata karya seni rupa di kelas | · Membaca buku teks tentang pameran seni rupa di kelas · Persiapan pameran seni rupa di kelas · Penataan karya seni rupa untuk pameran di kelas | 18. Membuat proposal pameran seni rupa di kelas 19. Membuat kelengkapan pameran seni rupa: katalog dan label karya 20. Membuat denah ruang pameran seni rupa di kelas 21. Menata karya seni rupa di kelas | Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja | Tes uji petik kerja prosedur dan produk Tes uji petik kerja prosedur dan produk | 1. Buatlah proposal pameran seni rupa di kelasmu! 2. Buatlah kelengkapan pameran seni rupa yang berupa katalog dan label karya! 3. Buatlah denah ruang pameran seni rupa di kelasmu! 4. Tatalah karya seni rupa di kelasmu! | 2 jam 2 jam | Buku Seni Rupa Kls VII Gambar reproduksi Buku Seni Rupa Kls VII Gambar reproduksi |
Leuwigoong, Juli 2010
Mengetahui Guru Seni Rupa,
Kepala Sekolah
Drs. H. ENDANG HIDAYAT. M. M. Pd UNTUNG SUTARMAN.
NIP :19550307198202 1 002 NIP : 19630409198703 1 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar