RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP No. 10.2 )
SEKOLAH : SMP LEUWIGOONG
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : VII/2
PERTEMUAN KE : 1-10
ALOKASI WAKTU : 20 X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 2. Mengekspresikan diri melalui
karya senI rupa
KOMPETENSI DASAR : 10.2 Membuat karya seni kriya dengan
teknik dan corak daerah setempat
INDIKATOR :
1. Mendeskripsikan konsep keramik sebagai benda pakai dan benda
hias
2. Membuat benda pakai keramik dengan teknik dan corak daerah
(Banten).
3. Membuat benda hias keramik dengan teknik dan corak daerah
(Banten).
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
- Mendeskripsikan konsep keramik
- Mendeskripsikan konsep keramik sebagai benda pakai
- Mendeskripsikan konsep keramik sebagai dan benda hias.
- Menyebutkan bahan yang dapat dibuat keramik.
- Menyebutkan lima alat yang dapat digunakan untuk membuat keramik.
- Menyebutkan lima teknik pembuatan keramik.
- Merancang keramik benda pakai.
- Merancang keramik benda hias.
9. Membuat karya seni kriya keramik benda pakai dengan teknik dan
corak daerah (Banten).
10. Membuat karya seni kriya keramik benda hias dengan teknik dan
corak daerah (Banten).
B. MATERI POKOK
- Konsep keramik sebagai benda pakai dan benda hias, jenis, bahan, alat, dan teknik pembuatan
C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
- Kegiatan Pendahuluan
- Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
- Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan
- Kegiatan Inti
- Membaca referensi kriya keramik
- Melihat tayangan gambar keramik benda pakai dan benda hias
- Merancang keramik benda pakai dan benda hias
- Membuat keramik benda pakai
- Membuat keramik benda hias
3. Kegiatan Akhir
· Menunjukkan rancangan keramik terbaik dari siswa
· Menyimpulkan materi pembelajaran
E. SUMBER BELAJAR
· Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VII Penerbit
F. PENILAIAN
- Teknik : Tes tulis dan Tes unjuk kerja
- Bentuk Instrumen : Uraian dan Uji prosedur dan produk
- Instrumen :
1. Jelaskan konsep keramik!
2. Jelaskan konsep keramik sebagai benda pakai!
3. Jelaskan konsep keramik sebagai benda hias!
4. Sebutkan bahan yang dapat dibuat keramik!
5. Sebutkan lima alat yang dapat digunakan untuk membuat keramik!
6. Sebutkan lima teknik pembuatan keramik!
7. Buatlah rancangan keramik benda pakai!
8. Buatlah rancangan keramik benda hias!
9. Buatlah seni kriya keramik benda pakai dengan teknik dan corak
(Banten).!
10. Buatlah seni kriya keramik benda hias dengan teknik dan corak
(Banten).!
Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa/ kriya keramik
Aspek-aspek yang dinilai | Penilaian | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
Gagasan | | | | | |
Kreativitas | | | | | |
Teknik / bentuk | | | | | |
Karakteristik | | | | | |
Keterangan
1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, dan 5 = sangat baik
Leuwigoong, Juli 2009
Mengetahui Guru Seni Budaya,
Kepala Sekolah
Drs. H. ENDANG HIDAYAT UNTUNG SUTARMAN
NIP : 19550307198202 1 002 NIP : 19630409198703 1 006
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP No. 10.3 )
SEKOLAH : SMP LEUWIGOONG
MATAPEL : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : VII/2
PERTEMUAN KE : 11-12
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 10. Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
KOMPETENSI DASAR : 10.3 Menyiapkan karya seni rupa hasil
buatan sendiri untuk pameran kelas
atau sekolah
INDIKATOR :
1. Mendeskripsikan konsep pameran seni rupa
2. Membuat perencanaan pameran karya seni rupa dua dimensional
dan tiga dimensional buatan sendiri di kelas
3. Membuat kelengkapan pameran seni rupa di kelas
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
- Mendeskripsikan konsep pameran seni rupa
- Membuat perencanaan pameran karya seni rupa dua dimensional
dan tiga dimensional buatan sendiri di kelas
- Membuat kelengkapan pameran seni rupa di kelas
B. MATERI POKOK :
· Pameran karya seni rupa daerah setempat, meliputi: konsep, fungsi,
perlengkapan, dan perencanaan.
C. METODE PEMBELAJARAN :
Pendekatan CTL : Portofolio pamer, pemberian tugas.
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.Kegiatan Pendahuluan
· Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
· Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai
materi yang akan diajarkan
2.Kegiatan Inti
· Membaca buku teks tentang pameran
· Menyiapkan rencana pameran, dan membentuk kepanitiaan
pameran.
· Membuat proposal pameran seni rupa di kelas
· Membuat buku tamu, katalog, dan label karya
3. Kegiatan Akhir
· Menyimpulkan materi pembelajaran
E. SUMBER BELAJAR :
· Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VII Penerbit
F. PENILAIAN
Teknik : Penugasan
Bentuk Instrumen : Tugas proyek
Instrumen :
- Jelaskan konsep pameran seni rupa!
- Buatlah perencanaan pameran di kelas hasil karya buatan sendiri!
- Buatlah susunan panitia pameran kelas!
4. Buatlah katalog untuk kegiatan pameran di kelas!
Contoh lembar penilaian proposal pameran seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai | Penilaian | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
Sistematika proposal | | | | | |
Kepanitiaan pameran | | | | | |
Kesesuaian anggaran dan belanja | | | | | |
Kreativitas acara pameran | | | | | |
Keterangan
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Leuwigoong, Juli 2009
Mengetahui Guru Seni Budaya,
Kepala Sekolah
Drs. H. ENDANG HIDAYAT UNTUNG SUTARMAN
NIP : 19550307198202 1 002 NIP : 19630409198703 1 006
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP No. 10.3 )
SEKOLAH : SMP LEUWIGOONG
MATAPEL : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : VII/2
PERTEMUAN KE : 11-12
ALOKASI WAKTU : 2X40 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 10. Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
KOMPETENSI DASAR : 10.4 Menata karya seni rupa hasil buatan
sendiri dalam bentuk pameran
kelas atau sekolah
INDIKATOR :
1. Membuat denah ruang pameran seni rupa di kelas
2. Menata karya seni rupa di kelas
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1. Membuat denah ruang pameran seni rupa di kelas
2. Menata karya seni rupa di kelas
B. MATERI POKOK :
- Denah ruang pameran seni rupa
- Penataan karya seni rupa di kelas.
C. METODE PEMBELAJARAN :
Pendekatan CTL, Portofolio pamer, pemberian tugas
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
- Kegiatan Pendahuluan
· Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
· Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan
1. Kegiatan Inti
· Membuat denah ruang pameran seni rupa di kelas.
· Menata karya seni rupa di ruang pameran.
· Pelaksanaan pameran.
· Penilaian proses pelaksanaan pameran
3. Kegiatan Akhir
· Menyimpulkan materi pembelajaran
E. SUMBER BELAJAR :
· Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VII Penerbit
F. PENILAIAN
Teknik : Penugasan
Bentuk Instrumen : Tugas proyek
Instrumen : 1. Buatlah denah ruang pameran seni rupa di
kelas!
2. Tatalah karya seni rupa di kelas!
Contoh lembar penilaian penyelenggaraan pameran seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai | Penilaian | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
Denah ruang pameran | | | | | |
Penataan karya | | | | | |
Kelengkapan pameran | | | | | |
Tanggapan pengunjung | | | | | |
Keterangan
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Leuwigoong, Juli 2009
Mengetahui Guru Seni Budaya,
Kepala Sekolah
Drs. H. ENDANG HIDAYAT UNTUNG SUTARMAN
NIP : 19550307198202 1 002 NIP : 19630409198703 1 006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar