Entri Populer

Rabu, 15 Desember 2010

RPP VII 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP No. 10.2 )

SEKOLAH                                         : SMP LEUWIGOONG
MATA PELAJARAN                                    : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                         : VII/2
PERTEMUAN KE                             : 1-10
ALOKASI WAKTU                          : 20 X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI              : 2. Mengekspresikan diri melalui
                                                                    karya senI rupa
           KOMPETENSI DASAR                   : 10.2 Membuat karya seni kriya dengan
                                                                                 teknik dan corak daerah setempat
    
INDIKATOR                           : 
1.      Mendeskripsikan konsep keramik sebagai benda pakai dan benda
     hias
2.  Membuat benda pakai keramik dengan teknik dan corak daerah
     (Banten).
3.  Membuat benda hias keramik dengan teknik dan corak daerah
     (Banten).

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Siswa mampu :
  1. Mendeskripsikan konsep keramik
  2. Mendeskripsikan konsep keramik sebagai benda pakai
  3. Mendeskripsikan konsep keramik sebagai dan benda hias.
  4. Menyebutkan bahan yang dapat dibuat keramik.
  5. Menyebutkan lima alat yang dapat digunakan untuk membuat keramik.
  6. Menyebutkan lima teknik pembuatan keramik.
  7. Merancang keramik benda pakai.
  8. Merancang keramik benda hias.
9.   Membuat karya seni kriya keramik benda pakai dengan teknik dan
      corak daerah (Banten).
10. Membuat karya seni kriya keramik benda hias dengan teknik dan
      corak daerah  (Banten).

B. MATERI POKOK  
  • Konsep keramik sebagai benda pakai dan benda hias, jenis, bahan, alat, dan teknik pembuatan

C. METODE PEMBELAJARAN       
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan                

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
  1. Kegiatan Pendahuluan
  • Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
  • Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan
  1. Kegiatan Inti
  • Membaca referensi kriya keramik
  • Melihat tayangan gambar keramik benda pakai dan benda hias
  • Merancang keramik benda pakai dan benda hias
  • Membuat keramik benda pakai
  • Membuat keramik benda hias
3.   Kegiatan Akhir
·         Menunjukkan rancangan keramik terbaik dari siswa
·         Menyimpulkan materi pembelajaran
                       
E. SUMBER BELAJAR          
·         Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VII Penerbit


F. PENILAIAN           
  • Teknik                         : Tes tulis dan Tes unjuk kerja
  • Bentuk Instrumen        : Uraian dan Uji prosedur dan produk
  • Instrumen                    :
1. Jelaskan konsep keramik!
2. Jelaskan konsep keramik sebagai benda pakai!
3. Jelaskan konsep keramik sebagai benda hias!
4. Sebutkan bahan yang dapat dibuat keramik!
5. Sebutkan lima alat yang dapat digunakan untuk membuat keramik!
6. Sebutkan lima teknik pembuatan keramik!
7. Buatlah rancangan keramik benda pakai!
8. Buatlah rancangan keramik benda hias!
9. Buatlah seni kriya keramik benda pakai dengan teknik dan corak
    (Banten).!
10. Buatlah seni kriya keramik benda hias dengan teknik dan corak
    (Banten).!
Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa/ kriya keramik
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Gagasan





Kreativitas





Teknik / bentuk





Karakteristik





Keterangan
1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, dan 5 = sangat baik



Leuwigoong, Juli 2009
Mengetahui                                                      Guru Seni Budaya,
Kepala Sekolah                                               
                         


                              
            Drs. H. ENDANG HIDAYAT                          UNTUNG SUTARMAN
NIP : 19550307198202 1 002                         NIP : 19630409198703 1 006
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP No. 10.3 )

SEKOLAH                             : SMP LEUWIGOONG
MATAPEL                             : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER             : VII/2
PERTEMUAN KE                 : 11-12
ALOKASI WAKTU              : 4 X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI  : 10. Mengekspresikan diri melalui karya
        seni rupa
KOMPETENSI DASAR           :  10.3 Menyiapkan karya seni rupa hasil
                                                            buatan  sendiri untuk pameran kelas
                                                            atau sekolah
INDIKATOR                           : 
1.      Mendeskripsikan konsep pameran seni rupa
2.      Membuat perencanaan pameran karya seni rupa dua dimensional
      dan tiga dimensional buatan sendiri di kelas
3.      Membuat  kelengkapan pameran seni rupa di kelas
     

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Siswa mampu :
  1. Mendeskripsikan konsep pameran seni rupa
  2. Membuat perencanaan pameran karya seni rupa dua dimensional
dan tiga dimensional buatan sendiri di kelas
  1. Membuat  kelengkapan pameran seni rupa di kelas

B. MATERI POKOK                           :
·         Pameran karya seni rupa daerah setempat, meliputi: konsep, fungsi,
      perlengkapan, dan perencanaan.

C. METODE PEMBELAJARAN    :
Pendekatan CTL : Portofolio pamer, pemberian tugas.                       

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN 
1.Kegiatan Pendahuluan
·         Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·         Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai
     materi   yang akan diajarkan

2.Kegiatan Inti
·         Membaca buku teks tentang pameran
·         Menyiapkan rencana pameran, dan membentuk kepanitiaan
      pameran.
·         Membuat proposal pameran seni rupa di kelas
·         Membuat buku tamu, katalog, dan label karya

3.   Kegiatan Akhir
·         Menyimpulkan materi pembelajaran
                       
E. SUMBER BELAJAR           :
·         Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VII Penerbit

F. PENILAIAN
Teknik                               : Penugasan
Bentuk Instrumen              : Tugas proyek
Instrumen                          :
  1. Jelaskan konsep pameran seni rupa!
  2. Buatlah perencanaan pameran di kelas hasil karya buatan sendiri!
  3. Buatlah susunan panitia pameran kelas!
4.      Buatlah katalog untuk kegiatan pameran di kelas!
                                                                                               
Contoh lembar penilaian proposal pameran seni rupa

Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Sistematika proposal





Kepanitiaan pameran





Kesesuaian anggaran dan belanja





Kreativitas acara pameran






Keterangan
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik


Leuwigoong, Juli 2009
Mengetahui                                                      Guru Seni Budaya,
Kepala Sekolah                                               
                         


                              
            Drs. H. ENDANG HIDAYAT                          UNTUNG SUTARMAN
NIP : 19550307198202 1 002                         NIP : 19630409198703 1 006
                                               











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP No. 10.3 )

SEKOLAH                             : SMP LEUWIGOONG
MATAPEL                             : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER             : VII/2
PERTEMUAN KE                 : 11-12
ALOKASI WAKTU              : 2X40 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 10. Mengekspresikan diri melalui karya  
                                                   seni rupa
KOMPETENSI DASAR           :  10.4 Menata karya seni rupa hasil buatan
                                                       sendiri dalam bentuk pameran
                                                       kelas atau sekolah
INDIKATOR                           :
1.      Membuat denah ruang pameran seni rupa di kelas
2.      Menata karya seni rupa di kelas
                                         
A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Siswa mampu :
1. Membuat denah ruang pameran seni rupa di kelas
2. Menata karya seni rupa di kelas

B. MATERI POKOK                           :
  • Denah ruang pameran seni rupa
  • Penataan karya seni rupa di kelas.

C. METODE PEMBELAJARAN    :
Pendekatan CTL, Portofolio pamer, pemberian tugas                      

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN  :

  1. Kegiatan Pendahuluan
·         Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·         Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi   yang akan diajarkan

1.      Kegiatan Inti
·         Membuat denah ruang pameran seni rupa di kelas.
·         Menata karya seni rupa di ruang pameran.
·         Pelaksanaan pameran.
·         Penilaian proses pelaksanaan pameran

3.   Kegiatan Akhir
·         Menyimpulkan materi pembelajaran
                       
E. SUMBER BELAJAR                       :
·           Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VII Penerbit
  


F. PENILAIAN           
Teknik                               : Penugasan
Bentuk Instrumen             : Tugas proyek
Instrumen                                      : 1. Buatlah denah ruang pameran seni rupa di
                                                kelas!
  2. Tatalah karya seni rupa di kelas!  
           
Contoh lembar penilaian penyelenggaraan pameran seni rupa

Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Denah ruang pameran





Penataan karya





Kelengkapan pameran





Tanggapan pengunjung






Keterangan
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik


Leuwigoong, Juli 2009
Mengetahui                                                      Guru Seni Budaya,
Kepala Sekolah                                               
                         


                              
            Drs. H. ENDANG HIDAYAT                          UNTUNG SUTARMAN
NIP : 19550307198202 1 002                         NIP : 19630409198703 1 006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar