Entri Populer

Rabu, 15 Desember 2010

RPP VII 1

SENI RUPA









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN               ( RPP )
MATA PELAJARAN SENI BUDAYA - RUPA
KELAS VII SEMESTER I & II
























Smp negeri 1 leuwigoong
TAHUN AJARAN 2009-2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No: 1,1

SEKOLAH                                   : SMP LEUWIGOONG
MATA PELAJARAN                  : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS / SEMESTER                : VII / 1
PERTEMUAN KE                      : 1-3
ALOKASI WAKTU                     : 6 x 40 menit
STANDAR KOMPETENSI       : 1. Mengapresiasi karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR             : 1.1 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa
                                                              terapan daerah setempat .
INDIKATOR :
1.    Mendefinisikan pengertian seni
2.    Menyebutkan empat cabang seni
3.    Menyebutkan fungsi seni
4.    Mendefinisikan pengertian seni rupa terapan daerah
5.    Menyebutkan tujuh unsur seni rupa
6.    Menjelaskan konsep prinsip seni rupa
7.    Menyebutkan tiga jenis karya seni rupa terapan daerah
8.    Menjelaskan fungsi dan makna karya seni rupa daerah

A . TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu
1. Mendefinisikan pengertian seni
2. Menyebutkan empat cabang seni
3. Menyebutkan fungsi seni
4. Mendefinisikan pengertian seni
5. Menyebutkan tujuh unsur seni rupa
6. Menjelaskan konsep prinsip seni rupa
7. Menyebutkan tiga jenis karya seni rupa daerah
8. Menjelaskan fungsi dan makna karya seni rupa daerah

B . MATERI POKOK

1. Konsep seni , empat cabang seni , fungsi seni, konsep seni rupa terapan daerah ,
    unsur seni rupa, dan prinsip seni rupa .
2. Beragam jenis, fungsi dan makna karya seni rupa terapan daerah

C. METODE PEMBELAJARAN  ;

 Pendekatan kontekstual, diskusi , tanya jawab dan tugas



D . LANGKAH LANGKAH KEGITAN PEMBELAJARAN

1.    Kegiatan pendahuluan

·         Menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
·         Tanya jawab dengan siswa terkait dengan materi , konsep seni , dan menyampaikan manfaat pembelajaran

2 . Kegiatan inti

·     Peserta didik membentuk kelompok
·     Peserta didik membaca buku referensi tentang seni rupa terapan daerah
·     Peserta didik membuat synopsis tentang konsep seni , cabang seni , fungsi
·     seni, konsep seni rupa terapan daerah , unsur seni rupa, dan prinsip seni rupa
·     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang seni rupa terapan daerah
·     Pembahasan seni rupa terapan daerah
3 . Kegiatan akhir

·     Menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dibahas

E .SUMBER BELAJAR

1.  Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VII Penerbit
2.  Gambar karya seni rupa terapan daerah

F . PENILAIAN

·         Tehnik                        : Tes tulis
·         Bentuk instrumen    : Uraian
·         Instrumen                :

1 . Jelaskan pengertian seni!
2 . Sebutkan empat cabang seni!
3 . Sebutkan fungsi seni!
4.  Jelaskan pengertian seni rupa terapan daerah!
5.  Sebutkan tujuh unsur seni rupa!
6.  Jelaskan konsep prinsip seni rupa!
7.  Sebutkan dua jenis karya seni rupa terapan daerah
8.  Jelaskan fungsi dan makna karya seni rupa terapan daerah







NO.
SKOR PEROLEHAN
(A)
SKOR MAKS
(B)
BOBOT SOAL
(C)
NILAI TIAP SOAL
1
2
3
4
5
6
7
8

5
4
2
5
7
4
2
5
2
1
1
1
1
1
1
2




10

Keterangan : Nilai tiap soal =    A/B X C

                                                                                                Leuwigoong, Juli 2009
Mengetahui                                                                              Guru Seni Budaya,
Kepala Sekolah                                               
                          


                              
            Drs. H. ENDANG HIDAYAT                                                  UNTUNG SUTARMAN
NIP : 19550307198202 1 002                                                 NIP : 19630409198703 1 006

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No : 1.2

NAMA SEKOLAH                      :  SMP LEUWIGOONG
MATA PELAJARAN                  :  Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                  :  VII / I
PERTEMUAN KE                      :  4-6
ALOKASI WAKTU                     :  6 x 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI       : 1. Mengapresiasi karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR             : 1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap
                                                              keunikan gagasan dan teknik karya
        seni rupa terapan daerah setempat
INDIKATOR       
1.    Membuat kliping karya seni rupa terapan daerah
2.    Membuat tanggapan secara tertulis tentang keunikan  gagasan dan teknik
           pembuatan karya seni rupa terapan daerah

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1.    Membuat kliping karya seni rupa terapan daerah
2.    Membuat tanggapan secara tertulis tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan karya seni rupa terapan daerah

B.   MATERI POKOK                       
Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat

  1. Keunikan gagasan
  2. Teknik pembuatan karya seni rupa
  3. Pembuatan kliping seni rupa terapan daerah

C. METODE PEMBELAJARAN
     Pendekatan CTL: tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan

·         Guru menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai
      oleh siswa
·         Guru menyampaikan apersepsi tentang seni rupa terapan
·         Guru memberi motivasi tentang apresiasi seni rupa

Kegiatan Inti

·         Siswa membentuk kelompok menjadi 8 kelompok.
  • Melihat tayangan proses pembuatan dan hasil karya seni rupa terapan daerah
  • Diskusi kelompok tentang proses pembuatan dan hasil karya seni rupa terapan daerah setempat
  • Membuat tanggapan secara tertulis tentang keunikan gagasan, teknik pembuatan.
  • Presentasi hasil diskusi kelompok
·         Penilaian proses pembelajaran :
·         Peserta didik menjawab pertanyaan lisan/kuis
  • Siswa merangkum materi pembelajaran

Penutup

·         Guru menyimpulkan materi pembelajaran
·         Guru memberi tugas pembuatan kliping


E. SUMBER PEMBELAJARAN
     1.   Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VII Penerbit
2.  Gambar karya seni rupa terapan : kria dan desain.

F. PENILAIAN
1. Teknik penilaian :  Tes tulis dan unjuk kerja
2. Bentuk penilaian : Uraian dan produk
3. Instrumen
      a.   Buatlah kliping karya seni rupa terapan daerah
b. Buatlah tanggapan secara tertulis tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan karya seni rupa terapan daerah
           




Leuwigoong, Juli 2009
Mengetahui                                                                  Guru Seni Budaya,
Kepala Sekolah                                               
                         


                               
            Drs. H. ENDANG HIDAYAT                                      UNTUNG SUTARMAN
NIP : 19550307198202 1 002                                     NIP : 19630409198703 1 006
           
                                                                       
                                                                                                                                                                                                           




























RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN

 RPP No : 2.1

SEKOLAH                                 : SMP LEUWIGOONG
MATA PELAJARAN                : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                : VII/1
PERTEMUAN KE                    : 7-16
ALOKASI WAKTU                   : 20 X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI     : 2. Mengekspresikan diri melalui karya
                                                          seni rupa
KOMPETENSI DASAR          : 2.1 Menggambar bentuk dengan
                                                            obyek karya seni rupa terapan tiga
                                                            dimensi dari daerah setempat
INDIKATOR                  : 
1.    Membuat gelap terang dengan teknik arsir, dusel, dan pointilis.
2.    Membuat sketsa gambar bentuk. benda kubistis dan silindris dari karya  
        seni rupa terapan daerah Jawa Tengah
3.    Membuat gambar benda kubistis dan silindris dari karya seni rupa terapan
       daerah Jawa Tengah
                                                     
A.  TUJUAN  PEMBELAJARAN
      Siswa mampu :
1.  Membuat gelap terang dengan teknik arsir, dusel, dan pointilis
2.  Membuat sketsa  benda kubistis yang dikembangkan dari karya seni rupa tiga dimensi
3.  Membuat sketsa  benda silindris yang dikembangkan dari karya seni rupa tiga dimensi
4.  Membuat gambar bentuk kubistis yang dikembangkan dari karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah (Jawa Tengah)
5.  Membuat gambar bentuk silindris yang dikembangkan dari karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah (Jawa Tengah)

B. MATERI POKOK             :
  1. Konsep menggambar bentuk
  2. Bentuk kubistis dan silindris
  3. Teknik menggambar bentuk
  4. Prinsip-prinsip menggambar bentuk
  5. Langkah-langkah menggambar bentuk

C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL: demonstrasi, pemberian tugas                       

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN        :
1.    Kegiatan Pendahuluan
·         Penyampaian informasi tentang kompetensi dasar
·         Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi   yang akan diajarkan.
2.    Kegiatan Inti
·         Siswa berlatih membuat macam-macam teknik menggambar bentuk
·         Siswa membuat sketsa  benda kubistis dan silindris  
·         Guru mendemonstrasikan menggambar bentuk dengan pendekatan model
·         Siswa membuat gambar bentuk benda kubistis dan silindris karya seni rupa
      terapan daerah
·         Penilaian proses dan produk
3.   Kegiatan Akhir
·         Menunjukkan gambar bentuk karya siswa yang baik
·         Menyimpulkan materi pembelajaran
E. SUMBER BELAJAR       :
Buku teks Seni Budaya untuk SMP kel;as VII Penerbit
Contoh gambar bentuk
F. PENILAIAN         
    Teknik                                : Tes unjuk kerja
    Bentuk Instrumen                        : Uji prosedur dan produk
    Instrumen                          :
1.    Buatlah gelap terang dengan teknik arsir, dusel, dan pointilis!
2.    Buatlah sketsa benda kubistis dan silindris!
3.    Gambarlah benda kubistis dan silindris yang ada di depan kelas dengan teknik arsir!
Kriteria penilaian gambar bentuk
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Ketepatan bentuk





Ketepatan gelap terang





Penguasaan teknik






Keterangan
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Leuwigoong, Juli 2009
Mengetahui                                                                  Guru Seni Budaya,
Kepala Sekolah                                               
                         


                               
            Drs. H. ENDANG HIDAYAT                                      UNTUNG SUTARMAN
NIP : 19550307198202 1 002                                     NIP : 19630409198703 1 006

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar